Explore My Computer!!

Standard

Muhammad Rifqi_F24100109

Bismillah… biar afdol, hehe

Kali ini saya akan menjelajahi komputer saya..(mmm sebenernya belum ada komputer sih.. masi komputer/ laptop punya temen.. ikutin tips asprak : “Anggaplah itu bukan punya anda!”..peace, 🙂 )

Enaknya intemezo dulu nih..

Komputer pada awalnya dibuat untuk operasi perhitungan biasa, bisa disebut juga kalkulator. Banyak situs situs yang menjelaskan tentang sejarah dan awal mula komputer, dari mulai komputer generasi 1, generasi 2, dan seterusnya sampai generasi ke-5…tapi pada intinya komputer dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia di bidang perhitungan  pada waktu itu.

Dari komputer sebesar lapangan sepak bola, sampai yang cuma seperti selembar kertas.

Oke,. tapi kita bukan mau membahas tentang masalah itu. Masuk kita ke topik pembicaraan, haha, yaitu laptop TEMAN saya.

Sebelum itu, kita bias sedikit me-review  tentang bagian-bagian komputer yang terdiri dari input device, output device, dan storage device .

Pertama, yuk kita bahas input device-nya!!

Input device adalah bagian dari komputer yang mempunyai fungsi menerjemahkan perintah yang datang dari user kepada komputer. Untuk bagian komputer yang satu ini, diantaranya adalah mouse, keyboard, dan bluethooth (sebagian belum ada, harus di-instal terlebih dahulu).  Laptop ini bertipe ASUS K401, untuk mengetahui spesifikasi dari input device-nya bisa dilihat di menu start, kemudian pilih control panel. Setelah itu akan muncul beberapa menu, kita akan memeriksa spesifikasi mouse, maka pilih Hardware and Sound, kemudian pilih menu mouse.

      

Spesifikasi mouse laptop teman  saya  yaitu ELAN PS/2 Port Smart-Pad.

Keybord juga bisa dilihat spesifikasinya dengan cara yang sama, namun karena laptop langsung terhubung dengan keyboard-nya, maka spesifikasinya adalah sama dengan laptop yang akan saya tunjukan pada pembahasan storage device.

Selanjutnya adalah output device. Bagian ini diantaranya adalah monitor, speaker, dan printer.

Monitor pada laptop, spesifikasinya mengikuti dari jenis laptop itu sendiri, sama seperti pada keydoard. Speaker yang dipakai pada laptop ini adalah Realtek High Definition Audio (terdapat di dalam laptop). Printer adalah output device yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan kita, printer yang pernah dipakai pada laptop ini akan terdata pada sistem.

Ada bagian dari komputer yang mempunyai fungsi sebagai input device dan juga output device secara bersamaan, yaitu scanner dan modem.

Bagian yang terakhir adalah storage device, dan yang paling mendasar adalah media penyimpanan pada komputer/ laptop itu sendiri, yaitu RAM (Random-access memory). Laptop ini mempunyai kapasitas RAM sebesar 2.00 GB dengan Processor Intel Core Duo. Operating system (OS) yang digunakan pada laptop ini adalah Windows 7 Ultimate.

Oh iyaaa.. sedikit tambahan, untuk melihat jenis laptop atau jenis komputer, bisa dilihat dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik dxdiag, lalo OK. Akan muncul menu seperti gambar di bawah ini, bisa diketahui secara rinci, dan juga dari sinilah saya mengetahui tipe laptopnya, hehe…

Itulah bagian bagian serta spesifikasi dari laptop teman  saya, semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan kita, hehe peace :D.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s