Psychrometric Chart

Standard

Psychrometrik Chart
By Muhammad Rifqi Basalamah in Ilmu dan Teknologi Pangan IPB angkatan 47 · Edit Doc · Delete

Psychrometric Chart

(http://sound.wonkwang.ac.kr/lecture/thermal/con1.htm) (ini yang gue bilang paling enak diliat)

(kalo ada yang salah, harap maklum dan tolong dikoreksi ya :), mudah mudahan bermanfaat dan bisa membantu)

Poin penting yang perlu diperhatikan :

1. Suhu bola basah ( Celcius )

2. Suhu bola kering ( Celcius )

3. Kelembaban Mutlak ( kg air/ kg udara kering )

4. Kelembaban relatif (%)

5. Entalpi ( kcal/ kg udara kering )

6. Volume udara spesifik

Soal Dari pak Adil kemarin :

Riana akan mengeringkan kopi dari kadar air awalnya 50 % (bobot basah). Jumlah kopi ada 300 kg.

Udara awal dengan sifat : suhu bola kering = 28 C, suhu bola basah 25 C. Udara tersebut dipanaskan agar bisa mengeringkan kopi, sehingga memiliki sifat : suhu bola kering = 45 C, suhu bola basah = 30 C.

Pertanyaannya

1. Berapa kelembaban mutlak udara pengering

2. Berapa kelembaban relatif udara pengering

3. Berapa volume udara spesifik dari udara pengering

4. Berapa entalpi udara pengering

Udara pengering adalah udara yang sudah siap digunakan untuk mengeringkan bahan, artinya udara yang uda dipanasin. Liat sifatnya ( suhu bola kering n basahnya )

* Suhu bola kering = liat skala yang di bawah (bukan yang nilainya koma koma ) satuannya derajat Celcius. Tarik garisnya LURUS KE ATAS
* Suhu bola basah = liat skala yang di atas kiri. Tarik garis yang LANDAI DAN PUTUS PUTUS.
* Cari perpotongan antara garis suhu bola kering (yang lurus ke atas) dan suhu bola basah (yang landai putus putus)
* Kelembaban mutlak = didapet dari menarik garis lurus ke kanan dari titik temu suhu bola basah dan bola kering. Satuannya kg air/kg udara kering (bukan yang mmHg, itu tekanannya)
* Kelembaban relatif = garis garis melengkung, nariknya dari bawah ke atas. Ada 2 garis, yang nyambung nyambung sama yang putus putus, gue gak tau itu beda ato sama. Asumsi gue sih sama. Satuannya %
* Entalpi = garis yang sama landainya kayaknya suhu bola basah, tapi digambar ini di yang nyambung nyambung. Satuannya kcal/ kg udara kering
* Volume udara spesifik = garis yang lebih curam, liat skala yang ada di bawah skala suhu bola kering. Nah, itu angkanya. Satuannya m3/kg udara kering. Semakin besar nilainya menunjukan semakin banyak udara yang dapat ditampung.

Coba dijawab 4 pertanyaan diatas.

Soal lagi dari pa adil :

Riana ingin mengeringkan kopi tersebut sehingga kadar airnya menjadi 15 % (bobot basah). Udara yang keluar dari mesin pengering memiliki sifat : suhu bola kering = 38 C, suhu bola basah = 35 C. Berapa lama riana harus mengeringkan kopi tersebut. (Diketahui kapasitas kipas pada mesin, mampu mengalirkan udara dengan volume 10 m3 tiap detik = 10 m3/s)

15 % itu adalah air sisa didalam bahan, kita harus tau jumlah air yang harus dibuang dari bahan.

* Kadar air awal bahan = 50%, adalah perbandingan bobot air bahan dengan total bobot bahan (air + bahan kering)
* 50 % = 0,5 = x/bobot total bahan = x/ 300 kg. Maka nilai x (bobot air bahan) = 300 kg * 0,5 = 150 kg.
* Bobot kering bahan = 300 kg – 150 kg = 150 kg

50 % itu = 150 kg air bahan/ (150 kg air bahan + 150 kg bobot kering bahan) dikali 100 persen

Jadi, bobot air bahan, kalo pengen dijadiin 15 % nya adalah :

* 15 % = 0,15 = x/(x + 150 kg), x adalah bobot air dalam bahan
* 0,15x + 22,5 = x
* 22,5 = 0,85x
* Maka x= 22,5/0,85 = 26,47 kg

Itu kan air di bahan, jadi air yang kudu di buang = air awal bahan – air sisa bahan = 150 kg – 26,47 kg = 123,53 kg. :)…. data ini disimpen dulu.

Pelan pelan okeh… Lanjut

Kapasitas kipas kan tadi mampu menggerakan volume udara sebesar 10 m3/s, sedangkan volume udara spesifik dari udara pengering (yang didapet dari sifat udara pengering) adalah 0,932 m3/ kg udara kering. Maka, kemampuan mesin yang dikaitkan dengan sifat udara kering yang ada, adalah = 10 (m3/s) / 0,932 (m3/kg udara kering) = 10,729 kg udara kering/ detik.

Maksudnya adalah, mesin dengan kapasitas kipas dan sifat udara di atas, mampu menggerakan udara kering sebanyak 10,720 kg tiap detik. Kalo sifat udaranya beda, atau kapasitas kipasnya beda, pasti beda juga kemampuannya.

Itu dari mesin dan udara pengering awal.

Serkarang dari udara pengering awal dan udara pengering akhir.

Saat udara pengering awal (liat lagi sifatnya, sbb dan sbk nya) = kelembaban mutlak = 0,021 kg air/ kg udara kering

Saat udara pengering akhir (pas keluar mesin, liat lagi sifatnya, masukin ke Psychrometric Chart juga) = kelembaban mutlak = 0,0354 kg air/ kg udara kering

Ada perbedaan kan, nah ini berarti air yang mampu di bawa si udara kering, tiap kg udara kering tersebut. Selisihnya = 0,0345 – 0,021 = 0,0144 kg air/ kg udara kering.

Kalo begitu, dengan kemampuan mesin dalam menggerakan udara kering dengan sifat yang ada, dikaitan dengan kemampuan udara kering dalam mengangkut air dengan sifat yang ada,

kemampuan total alat pengering : kemampuan mesin * kemampuan udara kering =

10,729 kg udara kering/ detik * 0,0144 kg air/ kg udara kering = 0,154 kg air/detik, yang dapat diangkut udara pengering dalam mesin tersebut.

Nah, jadiiiiiiiiiiii… kan kita uda tau air yang mau diangkut, trus kemampuan alat dengan sifat udara yang ada juga udah tau. Maka, waktu yang dibutuhkan riana adalah =

air yang mau diangkut / kemampuan udara kering dalam alat untuk mengangkut air

123,53 kg / 0,154 (kg air/detik) = 802,142 detik

Alhamdulillah…

Silahkan soal lain

http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CE8QFjAB&url=http%3A%2F%2Focw.usu.ac.id%2Fcourse%2Fdownload%2F313-TEKNIK-PENGERINGAN%2Ftep_421_slide_campuran_udara_-_uap_air_dan_hubungannya.pdf&ei=FR3UT–1HcnNrQeipu37Dw&usg=AFQjCNHadjzOM2H6fUg6GdEIC6wkLioh4Q&sig2=HABuLmVXdAsy5MMX7rcgFA

(bentuknya file ppt format pdf, didownload aja)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s