Fieldtrip ITP 47,.. hectic!! (Part One)

Standard

Hai guys…. Assalamu’alaykum. Pengen cerita nih!!

Gue diminta buat jadi ketua panitia fieldtrip jurusan angkatan gue. Padahal sebenernya gue takut gak bisa dan gak maksimal, sebelumnya gue takut kalo pelajaran gue bakalan terganggu, tapi alhamdulillah… terganggu.. hehe.

Gue udah pasrah sebenernya sama pelajaran di ITP,  mungkin udah sampe puncak dari kemampuan gue (sok tau!). Gue harus belajar lagi dan terus belajar sebenernya, nah buktinya gue sekarang menghadapi kondisi ditempat gue magang itu isinya bule dan gue harus menjelaskan lagi apa yang udah gue pelajari di bangku kuliah. Great… Nice!!

Fieldtrip ITP 47 dengan kepanitiaan yang kurang lebih setahun dijalanin. Penuh suka duka dan intrik di dalemnya.. hehe (lebay aja sih). Gue awali dari ngerekrut orang orang yang bisa bekerja sama dengan gue, misalnya Wawan, Bahtiar, Boti, Inta, Kholid dan beberapa yang lain yang gak bisa gue sebut semua.

Rapat demi rapat kita jalanin, sampe ketemu ujungnya kita mau berangkat ke Bali, dengan mengunjungi sekitar 6 Industri dari mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Awal dari penentuan tujuan itu adalah dengan nyebar angket, jadi gue dan temen temen gue berinisiatif untuk menjaring ide temen temen dengan nyebar angket supaya lebih mengkerucut idenya. Di dalem angket itu isinya bukan cuma pilihan tujuan, tapi juga range harga, pilihan tanggal, dan ada lagi pertanyaan yang gue lupa. Banyak diskusi di pembahasan angket yang pertama ini, diskusinya sehat tapi ..alhamdulilah (karena beberapa diskusi yang lumayan gak sehat.. hehe nanti gue ceritain)

 

Setelah pembahasan angket pertama ini dan juga penentuan tujuan akhir, mulai lah kita dari panitia bersiap bersiap untuk mencari travel yang akan mendampingi kita untuk berangkat menelajahi pulau Jawa dan Bali. Gak cuma travel da tempat wisata yang kita rumusin, target utamanya juga… yaitu industri industri pangan yang akan kita kunjungi untuk memperluas wawasan tentang ilmu pangan kita hehe…

 

POLEMIK TRAVEL

Ya.. polemik travel.. why? because in this topic there is a lot of trouble, that i think it’s simple troubel, but looks big. Pada pemilihan travel, kita dari panitia memang sengaja gak sampein ke temen temen, yang kita pikir udah ada orang orang yang lebih ahli dan punya wawasan lebih seputar travel, yaitu perwakilan dari panita yang temen gue sendiri, Wawan dan Uje. Kita pek travel ECOTOURS dengan segala pertimbangan dan usulan yang disampein wawan sama uje yang gue sendiri gak ngerti, dan gue berusaha percaya sama mereka. Travel tersebut menawarkan paket paket, yang singkat cerita kita mengambil paket dengan harga per orangnya adalah 1.700.000 rupiah. Harga ini termasuk murah dengan segala tawaran dan paket perjalanan yang ditawarkan oleh Fazlur, selaku Team Leader Travel kita.

 

Harga ini ternyata tidak semuanya menyanggupi, ada yang nanggepinnya bijak, yaa.. dengan cara langsung ngomong ke panitia tentang ke tidak sanggupannya (menurut gue ini cara yang bener). Tapi ada juga yang menyampaikannya dengan cara yang gak baik, ngomporin beberapa orang dan nyebarin lagi ke orang banyak tentang fitnah fitnah yang gak bener.

Akhirnya, kita panitia ambil tindakan untuk ngumpulin semua anak ITP 47, di bantu sama ketua Kelas Tommy dan juga ketua Angkatan Harridil. Kita sampein di kelas tentang alasan kita gak diskusi untuk milih travel, tentang alesan kita nawarin harga segitu, dan penjelasan lainnya. ALHAMDULILLAH,. atas izin Allah, hati teme temen pun bisa jadi satu dan kompak, walopun yaaa…. gue tau pasti ada satu atau dua orang yang masih gak setuju. hehe… Boujour!!!

 

SUBSIDI SILANG

hmmmm… harga 1,7 juta emang gak sedikit.. yaiyalah!! Gue juga awalnya pesimis gak bisa ikut… hiks.. tapi Alhamdulillah ada aja rejekinya. muehehehehe,,,…

Okeh.. ternyata gak cuma gue yang bernasib kyk gini. Ada beberapa temen temen yang gak menyanggupi untuk bayar, baik itu penuh atau pun hanya mampu bayar setengahnya. Menindaklanjuti hal ini, kita dari panitia juga ngumpul dan ambil tindakan. Akhirnya, kita memutuskan untuk mengadakan danus secara rutin, dan juga menembak harga atas dari penawaran travel (inilah alasan yang mancing keributan juga, tawaran harga awal travel adalah 1.650.000). Keputusan ini menurut gue cukup membantu, karena ada 8 orang yang kita bantu untuk bayar dengan persentase yang berbeda dan juga 2 orang yang kita gratis kan. Di akhir kegiatan fieldtrip pun, kita berhasil mengembalikan cash back ke masing masing anak sebesar 100.000… ALHAMDULILLAH (lagi.. dan masih banyak alhamdulillah lain). Yihaaaa..!!!

 

PRE-EVENT 1 DAN 2

Kita dari panitia, ngeliat nih guys… kalo temen temen kurang nyatu dan kurang semangat menjelang fieldtrip (wajar lah namanya juga manusia…naik turun hatinya.. muehehehe). Kita akhirnya gerah kan… muncul deh tuh ide untuk ngebuat kegiatan kumpul kumpul sebelum fieldtrip. Kegiatan pertama kita berlangsung kereeeeeeeennn.. hehe.. yaa.. meskipun ada beberapa masalah korrdinasi di akhir yang megakibatkan ribet pulang dan biayanya agak bengkak. Kita jalan jalan ke kebun raya, dan seneng seneng bersama yang intinya mengakrabkan satu sama lain, seruh deh.. ehhe. Thanks to team acara dan travel.. cupsmuachhh!!!

 

Pre event yang kedua berjalan kurang mulus, faktor nya mungkin karena tahapan akhir dari libur, jadi pada males mungkin untuk ke kampus. Padahal malemnya udah disiapin meja di sapta (hiks hiksss….). Tapi tetep bermanfaat kok, banyak hal yang disampein terkait koordinasi kita menjelang keberangkatan… great jobs pal!!

 

BIG DAY… 8 DAYS… FIELDTRIP ITP 47

Hari pertama dimulai di hari senin tanggal 3 Februari. Jadwal keberangkatan waktu itu gue dan temen temen tetapin jam 4 subuh, kita subuh dijalan ueheheh… jam 4 kondisinya ujan lebat. hehe.. thanks bgt deh temen temen yang udah ikutin aturan dan rela keluar sambil bawa bawa koper, UJAN  pula.. hihih…

Nah, ada 2 kejadian, yang satu lucu dan yang satu sedih. Kejadian lucu adalah salah satu temen gue JEFRI, telat banguuuuunnn.. dan dalam keadaan hectic gitu susah ditelpon pula. Berangkat lah gue ke kosannya sama si Armando,.. daaann.. langsung kita gedor pintu kosannya dengan lantang. Bangun lah dia, sambil buru buru siaipin barang barangnya (gilaaa.. dia bahkan belum packing.. hehe). Daann.. akhirnya kita berangkat, dengan kondisi dingin dan lemba. Menuju industri pertama yaitu Indofood.

 

Setelah dari Indofood kita pergi ke sari roti. Lengkap lah sudah perjalanan hari ini, dan kita beranjak ke jawa tengah. Bis terbagi atas 3 grup, dan gue sendiri ada di bis 2. Seru bgt bis 2 ini,… (setiap bis pasti bilang seru sebenernya).

Dihari pertama ini, kita sedikit agak kecewa dengan pelayanan di Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Mulai dari yang nyambutnya cuma 1 orang, trus mati lampu pula disana, ehh.. komputer juga nge hang. Mantapss!! Alhamdulillahnya temen temen keburu lupa karena udah nyium bau indomie goreng berbagai rasa yang disiapin sama Indofood. Tapi Overall bagus lah, kita dikasi liat proses pembuatan Indomie mulai dari mixing bahan bahan, terus di pres, di cetak, di goreg, ditirisin, trus dibungkus. Sampe deh di warkop warkop seluruh Indonesia. hehe..

Pelayanan di salah satu pabrik roti terbaik di Indonesia lebih nyaman dibandungkan sebelumnya. Kita di sambut di sebuah aula menarik yang nyaman, walaupun sempit, dan kita bener bener disambut full team oleh PT. Nippon Indosari itu.

 

Perjalanan ke Jawa Tengah lumayan lama, karena kita bukan lewat jalur yang seharusnya. Karena waktu itu jalur tersebut rusak karena banjir dan pastinya macet kalo kita lewat sana. Sampe lah kita jam 1 siang di dua pabrik yang beda. oiyya… dengan terpaksa kita ngebagi peserta ke dalam 2 grup karena kita terlambat dan kedua perusahaan gak mau di batalin. Grup pertama pergi ke PT Sosro dan grup ke dua pergi ke PT Sidomuncul. Gue sendiri kebagian di PT Sidomuncul.

Sambutannya bagus, pelayanannya lengkap dan serisu. Kita dijelasin mulai dari gudang, proses pengolahan, proses pengemasan, sampe kita dikasi liat lab labnya. Terakhir kita diajak ke kebun binantang punya sidomuncul (gue gak tau itu punya sapa, kyknya sih punya pemiliknya pribadi),.. yang jelas itiu kebun binatang keren banget.

 

Hari ketiga, kita berangkat ke Jawa Timur, tepatnya ke PT Otsuka,yang bikin minuman Pocari Sweat. Pabriknya bagus, bersih, luas, dan keren. Gue suka perpaduan warna putih dan birunya. Sambutannya bagus, aulanya lebih mantep dari sari roti, walopun tertutup gak kyk di sidomuncul yang di aula terbuka. Dan pastinya, kita memborong banyak pocari hihihi… segerrrr…

 

Yap.. mungkin ini bagian pertama dari perjalanan fieledtrip. Bagian pertama ini adalah bagian kunjungan Industrinya,.. hehe. Soon, Insya Allah gue akan tulis bagian keduanya, yang menceritakan perjalanan jalan jalannya… Good Luck 🙂

1902907_10202511809667908_1082010454_n 1795623_10202511796867588_440738533_n 1798726_10202511795227547_684785316_n 1014402_10202511923190746_165884021_n FIELTRIP1 1904148_10202511945231297_1362235595_n

Leave a Reply

