Almost die

Standard

Hari Senin tanggal 31 Maret 2014 gue pulang ke Cikarang untuk melanjutkan program magang gue di PT Schnits Frozen Foods International (SFFI). Perusahaan ini baru buka dan bertempat di Cikarang. Perusahaan ini merupakan cabang dari perusahaannya yang pertama yang bertempat di Australia, Bibra Lake. Perusahaan ini bergerak di bidang Frozen food, sesuai dengan namanya. Produk produk yang dihasilkan banyak banget, mulai dari nugget, sate, ham, daging giling, steak, pineapple fritter, dan juga banana fritter.

Gue magang di perusahaan ini udah jalan 2 bulan. Disini gue dapet banyak bgt ilmu tentang bisnis, mulai dari bekerjasama dengan orang luar negeri, belajar bahasa Inggris, pengetahuan tentang saham, pengetahuan tentang seleksi pegawai, metode pemasaran, bagian purchasing, persiapan awal line produksi, and many others.. hhe. Banyak dah pokoke.

Oke skipp… gue belum mau menceritakaan detil tentang perusahaan ini. Gue mau share tentang pengalaman gue naik motor sejauh 3 jam perjalanan dengan kecepatan 80 km/jam, di maam hari, dengan lampu yang seadanya.

 

Awal perjalanan gue masih lancar sampe terhmbat di jalan raya cibinong. Maceeeeett benget… dan ternyata karena ada angkot yang bermasalah, dan dia berenti di tengah tengah, asumsi gue tu angkot masuk lubang, trus bengkok bannya. Itu sih yang gue liat. Akhirnya setelah beristirahat kurang lebih 15 menit, gue memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Oiya, sekedar tips, mulai sekarang gue membiasakan diri gue untuk pake perlengkapan safety riding, yaaaaa,, walopun belum lengkap banget sih. Mulai dari helm, penutup mata, menutup mulut, sarung tangan, pelindung dada, jaket, dan sepatu lengkap kaus kaki. Pelindung dada gue, gue modif dari karsus bekas bungkus tek kotak kyknya,.. gue lupa mereknya. Dan efeknya adalah gue nyaman bgt naik motor, agak gerah emang, tapi aman.

motor

 

Perjalanan gue lanjutkan melewati jalan citereup yang sangat terjal dan berbatu. Bukan karena jalanan ini masih jalanan alam, tapi karena jalanannya rusak banget akibat sering dilewatin truk truk gede yang ngangkut semen dan truk truk perusahaan yang lainnya. Maklum, sepanjang jalan yang gue lewatin itu, ada 2 pabrik semen, yaitu Tiga Roda dan Holcim. Proses perbaikan pas gue lewat udah di mulai (alhamdulillah), tapi menimbulkan macet yang luar biasa. Harap maklum.

 

cibinong citeureup_0

 

Melewati jalan ini, gue udah pake head set sambil dengerin musik supaya gak sepi telinga gue dan supaya gue gak ngantuk. Menjeleng jalan akhir menuju kosan gue, dalam kondisi motor yang agak cepet- tapi masih di jalur gue kok- tetiba ada mobil yang berusaha nyalip truk dan ngambil jalur gue dari arah depan. Sentak gue agak kaget tapi masih sambil ngegas lurus. dan… TRAK… gue bersyukr banget cuma kaca spion kanan gue yang kena dan itupun tipis. Beberapa meter setelah hampir ketabrak itu, gue berenti dan gak sedikit ngucapin istighfar dan alhamdulillah. Agak shok tapi, tetep tenang. Gue puter balik untuk cari pecahan cover belakang spion gue. Dan gue lanjutin perjalanan gue yang udah tinggal dikit, dengan ngelepas seua safety riding dan udah gak pake head set.

 

Pelajaran penting yang mau gue sharing adalah :

  1. Sebisa mungkin hindari perjalanan yang terlarut malam.
  2. Jika terpakasa melakukan perjalanan larut malam, pastikan kondisi badan dalam keadaan fit. MAKAN SEBELUM BERANGKAT. PENTING!!
  3. Sebisa mungkin gunakan perlengkapan safety riding. Modif aja alat alat yang ada kalo budget gak cukup buat beli.
  4. Jangan gunakan headset, lebih baik dzikir.
  5. Tetep pake jalur sendiri, jika emang terpaksa nyelip kendaraan didepan, pastiin jalur kanan kosong dan nyalakan sinyal lampu. Inget, selip dari jalur kanan bukan dari jalur kiri (pengemudi lebih bisa melihat dan mengantisipasi).
  6. Jangan ngebut. Usahakan ngebut pada waktunya aja.
  7. Jika baru pertama kali melewati suatu jalan, gunakan kecepatan kurang dari 60 km/jam. Untuk memudahkan berenti saat ada lubang atau sesuatu yang lain (nyasar misalnya).
  8. Pastikan kondisi kendaraan aman.
  9. Berdoa sebelum berangkat.

 

Hmmm.. itu aja mungkin yang bisa gue share. Tetep semangat belajar dan… see you next time 🙂

Leave a Reply

