My Green Action Story

Standard

Hi Guys… Assalamu’alaykum. Piye kabare? Sehat sehat kan?.. Hehe.. Semoga lancar selalu la urusa lo semua, yang lagi ada masalah semoga cepet selesai, yang lagi banyak rejeki semoga mantep rejekinya bisa diamalin,.. right? Amiin

 

Oke kali ini gue mau cerita tentang kegiatan gue, yang juga sebagai salah satu tugas gue untuk memenuhi prasyarat kelanjutan beasiswa gue yaitu Pertamina Foundation. Alhamdulillah, gue bersyukur bisa dapet beasiswa ini, setelah sekian lama gue mencoba untuk ngejer beberapa beasiswa.

Beasiswa ini gue dapetin waktu gue duduk di akhir semester 6, dengan segala macem dokumen persyaratan yang banyak banget. Alhamdulillah di awal semester 7, gue dipanggil untuk wawancara, ketemu yang memegang regulasi di Pertamina Foundation ini. Ketika pertama kali dapet pengumuman lolos beasiswa, gue seneng banget dan gue langsung mempersiapkan didi untuk segala kemungkinan terbentuknya grup baru, kelompok baru, dan tentunya temen baru.

 

Green action gue kali ini adalag tentang pembuangan limbah.

 

Kegiatan gue ini dilaksanakan pada waktu gue melaksanakan kegiatan magang pada perusahaan makanan beku di daerah Cikarang bernama PT. Schnits Frozen Foods International. Perusahaan ini baru berjalan 1 tahun, dan selama selang waktu tersebut baru memperbaiki pondasi bangunan dan juga melengkapi infra struktur yang ada. Pada akhir tahun 2013 ini, telah dimulai proses uji coba proses produksi dari formulasi yang telah dibuat, persiapan dokumen untuk memperoleh sertifikasi dan juga bebagai persiapan lainnya yang berguna untuk menunjang kegiatan perusahaan.

Salah satu masalah yang muncul terkait permulaan proses produksi ini adalah masalah limbah yang belum ditangani secara maksimal. Limbah dari hasil produksi perusahaan ini terdiri dari tepung, adonan tepung yang telah dicampur gula, perisa, dan air, kemudian minyak dan juga air. Limbah ini masih tertampung dalam satu tempat dan belum mendapatkan penanganan lebih lanjut sehingga menimbulkan aroma yang tidak layak dalam selang waktu 1 minggu.

IMG_20140405_122709

Gue menyarankan kepada perusahaan dan juga dengan bimbingan dosen serta pembimbing lapang yang ditunjuk dari perusahaan untuk menangani sementara limbah yang ada dengan cara membersihkan secara manual tempat penampungan limbah yang ada. Limbah diangkat dengan menggunakan sekop dan ditampung dalam kemasan platik sampah. Kemudian limbah tersebut kita kirimkan kepada perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan limbah. Limbah yang terangkut cukup banyak dan aromanya sangat tidak layak. Sudah terjadi beberapa reaksi kimia didalamnya sehingga cairan berubah warna dan aroma asam yang kuat.

Untuk kedepannya, perusahaan akan menggunakan jasa pengolahan limbah untuk mengolah limbah yang ada, dengan jangka waktu pembersihan kurang lebih setiap satu minggu. Rencana jangka panjang lagi, akan dilakukan treatment terlebih dahulu dengan memakai teknologi yang terbaru sebelum dibuang ke alam bebas.

IMG_20140405_122626 IMG_20140405_122644

Itu aja cerita gue, untuk masalah detil gimana treatment nya, gue kurang begitu paham. Mungkin dari temen temen gue yang berkuliah di bagian Teknik Sipil ngerti nih bagian ini. Hehe..

So tetep semangat ya, jangan lupa …

have you smile today? Have you pray today ?

Good luck

🙂

 IMG_20140405_122844 IMG_20140405_123004

Leave a Reply

