HACCP is Easy, isn’t it? (part one)

Standard

Hollaho Guys.. assalamu’alaykum… Sehat?.. Senyum udah? Doa udah? muehehe… gue mau post dulu foto sebelum gue nulis tentang topik yang menjadi judul gue. Gambar gambar yang gue poting ini adalah gambar kegiatan yang gue dan panitia menyelenggarakannya. Nama acara nya adalah Seminar dan Pelatihan HACCP. Guue sebaai ketua panitia, sebelumnya mengucapkan terimakasih sama temen temen gue dan juga adek adek gue yang ikut bantu menyukseskan acaa ini. Sekedar informasi, HACCP (dan nantinya ISO yang juga akan sedikit gue bahas) sangat dibutuhkan banget banget di kalangan industri sekarang ini. Bukan cuma industri yang berkaitan dengan pangan, sistem ini juga dipake di industri lainnya dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan kualitas produk mereka sampai ke tangan konsumen. Jadi, bersyukur lah jadi bagian dari kepanitiaan ini.  hehe…

Acara ini diselenggarain mulai dari April sampai Mei 2013 lalu. Meskipun kita masih ngerasa belum sempurna mengadakan kegiatan pelatihan ini, yang terlihat dari antusias yang kurang dari peserta, tapi kita tetep bangga bisa ngadain pelatihan yang tergolong HIGH CLASS ini. Jadi, peserta yang ikut sebenernya HIGH CLASS juga, wajar lah kalo dikit.. hehe (Sampe ade peserta dari Makassar loh!!). Tempatnya di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Gizi, Bogor yang letaknya di depan gang SMA N 5 Bogor. (Untuk alamatnya silahkan cari sendiri ya.. hehe maap). Kegiatan ini berjalan di bawah kendali HIMITEPA yang waktu itu diketuai sama temen gue Muhammad Asad, dan Dimas Imam Arifianto selaku ketua departemen gue, Bidang Keprofesian.

hacpp 11 haccp 1 haccp 3 haccp 4 haccp 5 haccp 6 haccp 8 haccp 9 haccp 10 haccp 12 haccp 33

 

 

Oke Pal!!. Judul gue di atas adalah HACCP. HACCP adalah akronim dari Hazard Analysis Critical Control Point. Tersebut merupakan sistem pendeketan yang berbasis proses untuk menentukan titik titik bahaya mulai dari lo ambil bahan dari supplier lo sampe produk lo lo jual kekonsumen. Gak cuma dicari titik bahayanya, tapi setelah tau titiknya lo dan tim lo (kenapa harus tim?) akan kendaliin titik itu dan nentuin tindakan apa yang lo lakukan kalo bahaya di titik itu muncul.

Simple kan? hehe…

Tapi nih,.. orang selalu bilang “tapi nyusun melakukan hasap (begitulah oleh kebanyakan kaum disebut) susah mulainya, ribet, mahal.. dan lain segalanya”..Heyyy… come on.. Setiap permulaan itu pasti sulit bos. Gak ada yang gampang. Tapi percaya atau enggak, sedikit orang yang bilang gampang ketika udah mulai sesuatu. Kenapa? Karena mereka UDAH SIBUK DENGAN KEASIKAN DAN KEMUDAHANNYA.. hehe.. jadi gak sempet cerita.

Untuk memulai menjalankan HACCP di usaha lo….

eeiittssss… gue lupa pengen bilang. Ilangin dulu di kepala lo kalo HACCP itu cua buat industri yang gede, yang udah melalang buana, dan berjaya di dunia usaha… heyyyy come on…mereka pasti mulai dari kecil kan… Mereka yang baru mulai menerapkan HACCP dari tengah aja bisa, gimana kita yang mau mulai usaha. PASTI BISA LAH dan bahkan bisa jadi lebih mudah. Tau kenapa? sistem yang diterapkan disebuh sistem yang udah berjalan nyaman, akan lebih sulit dibandingkan sistem tersebut dijalankan barengan dari awal bersama sistem yang akan di jalanin. Sistem pertama yang gue maksud adalah sistem HACCP lo dan sistem kedua yang gue maksud adalah sistem USAHA lo/ manajemen USAHA lo. Got it?

 

Nah… untuk memulai menjalankan HACCP di usaha lo, ada 12 tahapan yang musti lo lakukan. Langkah itu terdiri dari 5 langkah awal dan 7 langkah utama  yang merupakan prinsip dari HACCP.  Diantaranya :

  1. Buat tim HACCP lo
  2. Identifikasi/ jelasin secara detil produk yang lo buat
  3. Tentuin produk lo itu dipake buat konsmen kyk apa
  4. Buat diagram alir proses pembuatan produk lo
  5. Verifikasi/ cek langsung dilapangan diagramnya
  6. analisis bahaya di tiap tahapan
  7. Tentuin titik kendali kritis
  8. Tentuin batasan dari titik kendali kritis tersebut
  9. Tentuin prosedur pemantauan titik tersebut
  10. Tentuin tindakan koreksi, kalo titiknya menyimpang
  11. Memverifikasi Program HACCP yng udah di buat
  12. Melakukan perekaman/ dokumentasi sistem yang udah dibuat

 

1. BUAT TIM HACCP LO!!

Nah… di tahap ini, lo harus buat tim lo. Siapa aja? Tim lo adalah orang orang yang berkompeten di bidangnya.. itu idealnya. Misalnya lo puny warkop, berarti tim haccp lo adalah lo sendiri sebagai yang punya warkop, temen lo yang bikin mie, kopi, gorengan ( di industri adalah bagian produksi), temen lo lagi yang suka bersih bersih dan pokoknya peduli bgt sama kebersihan warkop (ahli mikrob kalo di industri gede, bagian sanitasi), temen lo lagi yang jadi bikin bikin resep (biasanya di industri ini adalah RND), dan temen lo yang jago ngotak ngatik kompornya (anak mesin). Tim yang udah di bentuk ini harus berkomitmen untuk menjalankan HACCP, mengontrolnya, dan juga menrevisinya jika terjadi perubahan. Sebagai ketua timnya, nanti ente yang ngeashin dan dibuat semacem surat pengangkata atau surat yang menandakan tim itu sah ditunjuk oleh yang punya warkop.

Tim ini hendaknya dari berbagai disiplin ilmu,artinya semua bidang ilmu ada. Jadi ketika merumuskan produknya, prosesnya, gimana buatnya, dan selanjutnya dikaitkan dengan titik bahayanya.. semuanya bisa nyambung dan menyampaikan pendapatnya terakit bidangnya. Jadi semuanya berperan… gitu… 🙂

 

2. IDENTIFIKASI/JELASIN PRODUK YANG LO BUAT!

Pada bagian ini (dan baiknya sih semua anggota tim duduk bareng untuk membicarakannya) dijelasin secara detil tentang produk yang akan dibuat. Mulai dari bahan utama,  bahan tambahan, dan bahan pengemas baik primer atau sekunder. Kemudian dijelasin juga secara detil dimana dapetnya, suppliernya di tulis, alamatnya dimana, kondisi penyimpanan, daya tahan, dan laiinya yang kira kira penting. Tau penting apa enggaknya, coba lo liat bahan bahan lo, trus buat semacem pertanyaan yang harus bisa terjawab.

Dalam tahap kedua ini, juga dijelasin secara singkat proses pembuatan produk. Misal, batagor,.. produk makanan yang dibuat dari adonan ikan hasil penggilingan yang di bentuk bulat dan mengalami proses pengukusan, dan disajikan dengan menggoreng terlebih dahulu setelahnya dicampur bumbu dan kecap. Gitu… hehe

Intinya di bagian ini, bener bener dijelasin detil produknya. Oiya yang penting lagi adalah, masa kadaluarsa produk kita, kondisi penyimpnana, dan mau dijual dimana. Lembaran biasanya dibentuk tabel supaya mudah dibaca. Contoh kontennya gini nih… :

  • Nama produk
  • Deskripsi produk
  • Rasa
  • Aroma
  • Tekstur
  • Deskripsi proses
  • Karakteristik Produk akhir yang penting
  • metode pengawetan
  • karakteristik keamanan pangan (kimia, biologi, fisik)
  • Umur simpan dan kondisi penyimpanan
  • Metode distribusi
  • Tujuan penjualan
  • KARAKTERISTIK BAHAN BAKU (dijelasin lagi detil)
  • KARAKTERISTIK BAHAN PENGEMAS (dijelasin lagi detil)

 

3. TENTUIN PRODUK LO DIPAKE BUAT KONSUME KAYAK APA!!

Guys..dibagian ini dibuat penjelasan lagi secara umum kita jelasin produk kita bakalan dijual kesiapa. Karena ini akan mempengaruhi identifikasi bahaya nanti. Misal produk kita akan di jual ke bayi atau nenek nenek, maka bahayanya harus diperketat lagi dan batasan di perkecil dari pada produk kita targetnya adalah orang dewasa umu 25-35 tahun.

Isi bagian ini biasanya : 1) cara penggunaan dan preparasinya , 2) renacana penggunaan, 3) target pengguna

 

4. BUAT DIAGRAM ALIR PROSES PRODUK LO!!

Halaman ini menggambarkan detil proses pembuatan produk lo. Mulai dari pembuatan main produknya, sampe air atau minyak atau udara yang didapet buat kontak ke produknya. Itu semua digambarin dalam bentuk diagram alir. Fungksi dari diargam alir ini untuk memudahkan untuk membayangkan tempat adanya bahaya, sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan.

 

5. VERIFIKASI/CEK LANGSUNG DIAGRAMNYA

Dibagian ini, diagram yang udah dibuat , dicek langsung di lapangan produksi sama tim yang ada. Jika ada perubahan, langsung dicatat pada grafiknya sehingga tidak terlupa.

 

Nahh… 5 prinsip pertama udah sedikit kebayang dong ya.. hehe. semoga membantu. Oke untuk 7 prinsip inti HACCP, gue akan sampaikan di next post ya.. hehe… mending kita dalemin dulu yang 5 ini. Buat simulasi kecil kecilan aja sama temen sekelas…. dan bermimpi lah kalian punya usaha dan akan menjalankan sistem HACCP ini.. (bersambung/ to be continued….)

GAMBARHACCP

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s