Be a Nutritionist – Kalbe Nutrive Benecol

Standard

Assalamu’alaykum Bro Sis.. apa kabarnya nih waktu buka cerita gue yang ini? Seneng dan semangat kan? HARUS ya.. hehe.. Negara kita butuh orang orang cerdas yang selalu gembira dan semangat apapun kondisinya, mau lagi sedih – jangan kelamaan sedihnya, mau lagi seneng – jangan over sedihnya… okeh

Udah doa hari ini? Udah tersenyum haru ini? Kalo belum, ayookkk.. dimulai… 😀

 

Kali ini gue mau cerita tentang kegiatan gue, yaitu menjadi Nutritionist nya Kalbe. Eheheh…. Kegiatan nutritionist yang gue lakukan ini adalah kegiatan marketingnya kalbe, yang dibekerja sama dengan vendor bernama Twist Bless. Twiss Bless ini adalah Event organizer yang menjalani berbagai macam kegiatan, dan biasanya memegang promo promo produk, dan kali ini sedang bekerja sama dengan pihak marketing Kalbe Nutritional untuk mempromosikan salah satu produknya. Produk yang lagi di promokan minggu ini adalah produk minuman smoothie bernama Nutrive Benecol.

201333030939_Nutrive_Benecol

Benecol ini adalah minuman untuk membantu menurunkan kolesterol jahat yang jika diminum rutin selama 2 minggu akan membantu menurukan kada kolesterol sebesar 11 persen, dan tentunya akan menurunkan kolesterol jahat. Produk ini udah teruji klinis loh, bukan produknya sih… tapi senyawa yang terkandung dalam produk ini yang bernama Plant Stanol Ester. Senyawa ini terkandung dalam tumbuhan dan tanaman namun dengan kadar yang sedikit, sehingga dilakukan penelitian tentang tanaman apa yang paling banyak mengandung zat ini, lalu dilakukan metode ekstraksi, lalu pemurnian, dan akhirnya diramu dalam suatu minuman berbentuk smoothie oleh Kalbe.

Mekanisme kerja si PSE (Plant Stanol Ester) ini adalah ada 2, yang pertama dia akan memecah senyawa kolesterol yang masuk dan akan diserap tubuh sehingga nantinya usus akan menyerap zat yang bukan berupa kolesterol lagi. Kedua PSE akan membuat sinyal yang serupa dengan kolesterol sehingga usus akan menyerap si PSE ini, bukan si kolesterol. Jadi… sangat berguna untuk menurukan kadar kolesterol tubuh.. heheh…

perbandingan sterol dan stanol ester

Oke deh, tadi cerita yng sedikit scientificnya.. hehe. Nah sekarang gue mau menceritkan pengalaman gue menjadi nutritionistnya. Awalnya sih gue ditawarin sama temen gue yang namanya Richard Suma, dia bilang kalo tantenya yang kerja di Kalbe lagi nyari mahasiswa yang mau gantiin nutritionist yang udah ada. Akhirnya gue ditelpon kan… diminta kesediaannya. Dan gue pun mau, karena ada imbalan berupa uang dan memang saat itu gue lagi butuh buat ngumpulin aja. Gue dikirim PK (Product Knowledge) nya dan juga tata cara menggunaka alat check kolesterol. Gila broooo… gue belum pernah tuh namanya ngecek ngecek darah orang… trus gue yang nyimpulin pula hasilnya. Matiiikkk… hahaha

Tapi, gue mensiasatinya dengan gue mempelajari dulu tuh PK sama panduan ngecek. Bahkan gue sampe nyari jurnal tentang PSE dan juga kolesterol, gue pelajari juga tentang kolesterolnya lebih detil supaya gue gak bodoh bodoh bgt pas ditanya sama konsumen. Gue juga datang dulu hari sebelum gue praktek. Pas gue daaing masih ada tuh nutritionist yang aslinya yaudah kesempatan deh gue tanya tanya mekanisme dan segala  macamnya. Nice!!

Oke deh, akhirnya gue mulau hari pertama kerja. Gue masuk dari pintu pegawai Giant Botani Square, dan gilaaaa.. disana banyak bgt SPG yang lagi dandan, pake baju ketat, dan menor.. Astagfirullah.. dan itu banyak banget Ya Allah. Harus banyak banyak zikir memang, dan apalagi kalo udah sampe di dalem,.. wow,,, hmmm.. Asataghfirullah. Tapi yaaa.. udah lah, fokus sama kerjaan aja walaupun kadang tergoda juga sama penampilan mereka, bukan cuma mereka para SPG, konsumen konsumen yang datang juga gak kalah pakaiannya. Entah apa nyamannya mereka buka bukaan kayak gitu.

Jadi nutritionist di hari pertama sampai terakhir lumayan banyak yang ngecek. Gue mempelajari karakteristik setiap konsumen, ada yang aktif nanya (sampe gue gak bisa jawab dan akhirnya ngeles ..hihi), ada yang harus di pancing dulu supaya bisa interaksi bahkan ada yang diem sama sekali gak bisa dipancing,.. yang lebih parah lagi adalah ada yang sok tau, bikin kesel !.. hahaha… SPG SPG yang mondar mandir juga kadang minta di cek sambil goda godain tengil gitu… Allahu akbar,, ngeselinyaaa… iiiuuhhh…

Cerita punya cerita, di tempat lain yang berperan jadi nutritionist adalah SPGnya itu sendiri, yang dia disuruh buat jadi nutritionist, hmmm.. termasuk adulteration kyknya. Oh iya, jadi nutritionist ini gue di bayar 230.000 per harinya, dan gue diminta jaga selama 3 hari, jadi totalnya adalah 690.000. Yaa.. Alhamdulillah lumayan lah buat tabungan hehe. Tapi banyak bgt yng gue pelajari disini, mulai dari jadi nutritionistnya sendiri, kemudian pekerjaan SPG dan kesedihan dibaliknya, manajemen industri retail, penanganan konsumen, dan juga aplikasi Visual Marketing (gue ada buku nya, dan gue ambil dari himit). Gue bener bener bersyukur gue dapet pengalaman ini, dan semoga ini menjadi salah satu tahapan yang Allah berikan buat gue untuk gue belajar menjadi pengusaha muslim, yang bisa menerapkan hukum syar’i nantinya..Amiiiiinnn… doain ya bro sis. Hehe.

Itu dulu yang bisa gue share, tetep semangat dan doa ya.

Assalamu’alaykum, bye and Good Luck

😀

IMG_20140503_151542 IMG_20140503_162753 IMG-20140503-00578 IMG-20140503-00581

Leave a Reply

